Jumat, 04 April 2014

Tuhan dalam Pandangan Islam


Assalamu'alaikum. Selamat pagi semuanya, pagi ini saya mau sedikit berbagi mengenai artikel yang saya buat sendiri. Artikel ini merupakan bagian dari tugas kuliah saya, kalau bukan tugas kayanya ga mungkin juga saya rajin rajin buat artikel seperti ini hehe. Artikel ini membahas mengenai Tuhan. Untuk yang hanya sekedar ingin membaca ini dia artikelnya. Selamat membaca ...



Tuhan dalam Pandangan Islam
            Dalam Islam, kita diperintahkan untuk menyembah 1 Tuhan yang wajib disembah yaitu Allah SWT. Lalu siapakah Tuhan itu? Dan dengan dalil apa Tuhan dapat dibuktikan? Mari kita bahas. Tuhan Maha Kuasa adalah Wujud mutlak dan Kesempurnaan mutlak yang sama sekali tidak memiliki aib dan cela. Wujud-Nya tiada duanya. Dia memiliki kemampuan untuk melakukan setiap perbuatan dan mengetahui segala sesuatu kapan pun dan apa pun kondisinya, Maha Mendengar dan Maha Melihat, memiliki kehendak dan ikhtiar, Hidup dan Pencipta segala sesuatu, Sumber segala kebaikan, Mencintai dan Pengasih kepada seluruh makhluk.
            Lalu apakah dengan penjelasan di atas kita dapat sepenuhnya percaya bahwa tuhan itu ada??? Sebenarnya di dalam kitab suci kita sebagai umat islam yaitu Al-Qur’an telah dijelaskan keberadaan tuhan melalui ayat-ayat di dalamnya. Beberapa ayat Al-Qur’an dapat menjadi acuan untuk pemikiran kita sebagai manusia mengenai keberadaan Tuhan seperti potongan ayat berikut : “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal.” (Qs. Ali Imran [3]:190); Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin. dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tiada memperhatikan? (Qs. Adz-Dzariyat [51]:20-21)
            Ayat Al-Qur’an di atas mengajak kita untuk memperhatikan alam semesta ini, sebagai makhluk yang diberi akal seharusnya kita dapat merenungkan, apakah alam semesta ini tercipta begitu saja??? Tentunya tidak, logikanya dalam kehidupan sehari-hari misalnya, jika ada sebuah benda sebagai contoh meja, tanpa ada yang membuat apakah meja itu akan ada? Sama halnya dengan alam semesta ini, tanpa ada yang menciptakan alam semesta tidak akan ada. Dari gambaran ini, mungkin pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah “Lalu siapa yang menciptakan alam semesta ini?”
            Jawaban untuk pertanyaan di atas mungkin dapat kita renungkan terlebih dahulu, kekuatan seperti apa yang dapat menciptakan alam seluas ini? Sepertinya seluruh kekuatan yang ada di dunia ini pun tidak mungkin ada yang dapat melakukannya. Hanya yang memiliki kekuatan “Super Power” lha yang bisa melakukannya. Dia-lah Allah SWT. Setelah mengetahui siapa tuhan itu, mungkin akan muncul lagi pertanyaan “bagaimana bisa Tuhan (Allah SWT) menciptakan alam semesta ini?”. Al-Qur’an Surat Yasin ayat 82 menjawab dengan tegas “Sesungguhnya semua urusan (perintah) apabila Allah menghendaki segala sesuatunya, Allah hanya berkata : “Jadilah” maka jadilah. Dari ayat ini dapat disimpulkan menciptakan segala sesuatu adalah perkara mudah bagi-Nya.
            Agar lebih mengenal gambaran mengenai Allah SWT, mari simak ayat Al-Qur’an di bawah ini :

Artinya :
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang
Katakanlah : “Dia-lah Allah Yang Maha Esa”. Hanya Allah-lah tempat bergantung. Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada satupun yang menyamai-Nya.
            Dari ayat Al-Qur’an (QS. Al-Ikhlash [112] : 1-4 ) di atas setidaknya dapat membuka pikiran kita mengenai Allah SWT. Allah adalah Esa, satu yang benar benar satu, bukan satu yang terdiri dari beberapa unsur. Ia berdiri sendiri tanpa bantuan siapapun dan tidak ada satupun di dunia ini yang dapat menyamai-Nya dalam hal apapun. Hal ini dapat dibuktikan dari penciptaan alam semesta seperti contoh sebelumnya. Adakah yang dapat membuat alam ini selain Dia?? Itulah bukti bahwa tidak ada satupun yang dapat menyamai-Nya. Semoga dengan penjelasan singkat ini keimanan serta ketaqwaan kita kepada-Nya semakin bertambah. Aamiin J
Referensi : www.islamquest.net
 






Semoga artikelnya bermanfaat dan bisa jadi referensi untuk teman-teman semua. Terimakasih :)

Wassalamu'alaikum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar