Rabu, 08 Oktober 2014

Pengenalan HTML (Struktur Dasar HTML)

Selamat Sore semuanya, kali ini aku ingin berbagi sedikit pengetahuan mengenai pemrograman berbasis web. Sebelum berbicara lebih lanjut bagaimana membuat program berbasis web, kita harus tau apa itu program. Sederhananya program adalah pemecahan masalah di dunia nyata yang kita buat di dalam komputer, misalnya kita membuat program untuk menghitung luas persegi. Tentunya menggunakan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman itu bahasa yang dimengerti komputer dalam menyelesaikan masalah yang kita temui, misalnya bahasa C, php dll.

Dalam membuat program berbasis web, tahap awalnya kita harus paham HTML. Kepanjangannya pada tau kan??? Kalo gatau liat aja di google :D. Oke deh aku kasih tau kepanjangannya aja ya (Hyper Text Markup Language). Cara membuatnya mudah kok. Tapi sebelum dipraktekkan kalian harus tau struktur minimal HTML yaitu Head, Body, dan title. Semua perintah dalam html dikenal dengan istilah "tag" dan setiap tag itu harus ditutup. Contoh <html> ini disebut tag html, untuk tutupnya tambahkan saja slash seperti ini </html>. Langsung di contoh yah, Buka notepad dulu yaaa, ketik kode berikut :

<html>
<head>
<title> Pengenalan HTML </title>
</head>
<body>
Aku sedang belajar HTML
</body>
</html>

setelah selesai ngetik di notepadnya kalian simpan dengan ekstensi .html. Tau ekstensi file kaaan?? Jangan bilang gatau. Ekstensi file itu misalnya kalian punya file word dengan nama coba, di file coba itu pasti nama nya (coba.doc). (.doc)nya ini yang disebut ekstensi file. Untuk file html kalian simpan dengan ekstensi .html yaa. Setelah disimpan coba kalian buka lokasi file html, lalu buka. Jika benar maka akan muncul tampilan "Aku sedang belajar HTML" Di browser(mozilla, google,dll) kalian ......

Penjelasan :
tag title <title> digunakan untuk menampilkan judul di browser, kalau kalian perhatikan judul pada browser pasti sama dengan yang ada di dalam tag title diatas.
tag body <body> digunakan untuk menampilkan isi web kalian. kalau mau ditambahkan tinggal tambahkan saja teks didalam tag body ini.

oke sekian dulu yaa, ini hanya pengenalan saja. Selain menggunakan notepad kalian bisa gunakan software lain misalnya notepad++, dreamweaver, dll. Di dalam html masih banyak tag tag dengan fungsinya masing-masing. Nanti aku jelaskan di postingan selanjutnya :) Kalau ada yang tidak mengerti komentar saja yaaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar