Senin, 23 September 2019

Pengalaman Wisata Ke Curug Pangeran dan Balong Endah (Taman Nasional Gn Halimun Salak)

Hai, apa kabar kalian semua??. Postingan kali ini saya mau berbagi pengalaman saya berkunjung ke Balong Endah yang berada di kawasan wisata TNGHS. Seperti biasa saya berangkat mengendarai motor. Untuk yang belum tau rutenya yaitu :
Cilebut - Kayumanis - Yasmin - Dramaga - Leuwiliang - TNGHS.

Setelah berkendara -+ 2jam, tibalah saya di kawasan TNGHS. Tarif masuk kawasan TNGHS 10rb per orang + 5rb (motor). Setelah itu, kita lanjut masuk TNGHS, curug pertama yang kita temui yaitu curug cigamea, lalu ke dalam lagi ada Curug Kondang (Curug ngumpet), kemudian barulah ada petunjuk untuk masuk ke Curug Pangeran. Awalnya saya bingung, dimana pintu masuk untuk menuju Balong Endah, karna memang rencana awal saya mau mengunjungi tempat tsb.

Setelah saya buka google maps, barulah ada gambaran lewat mana untuk menuju Balong Endah. Karna di maps diarahkan ke pintu masuk Curug Pangeran, saya memutuskan untuk bertanya kepada warga sekitar, dan yap memang betul, untuk menuju Balong Endah memang masuknya lewat Curug Pangeran.

Jalan ke pintu masuk Curug Pangeran ini bebatuan gengs, jadi buat yg boncengan motor, yg dibonceng suruh turun aja hahaha. Ok sampailah saya di pintu masuk, karcis parkir 5rb, tiket masuk Curug Pangeran 10rb per orang. Setelah jalan beberapa menit, sampailah saya di Balong Endah. Setelah ngobrol sama ibu-ibu penjaga Balong Endah, ternyata untuk masuk kesini diharuskan bayar lagi tiket 10rb per orang.

Lalu saya memutuskan untuk melihat dulu ke Curug Pangeran agar tak sia-sia tiket masuk Curug Pangeran yg sudah saya bayar di awal tadi. Dan ini dia Curug Pangerannya :



Kesan pertama saat di Curug Pangeran adalah kecewa. Menurut saya pribadi curugnya terlalu pendek dan sempit juga ya gengs, ditambah aliran air curugnya yang lagi asat. Jadi saya tidak lama berada di Curug Pangeran ini, paling hanya sekitar 10 menit. Dan langsung bergegas menuju Balong Endah.


Info tambahan, petunjuk jalan ke Balong Endah bersebelahan sama gerbang masuk Curug Pangeran (liat foto yg di atas). Dan setelah bayar tiket lagi untuk masuk ke Balong Endah, langsung saja saya mendokumentasikan beberapa foto yang memang menurut saya jauh lebih bagus disini daripada di Curug Pangeran. Ini dia fotonya.




Ok, itu dia pengalaman saya berkunjung ke Balong Endah. Memang seharusnya bisa lebih bagus dari foto saya di atas karna kondisi airnya yg agak surut, jadi saya sarankan untuk teman yg mau kesini jangan saat kemarau panjang. Thanks for visiting, and jangan lupa piknik :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar