Minggu, 15 September 2019

Sistem Informasi Rekam Medis (Bab I Pendahuluan)


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.       Latar Belakang Masalah
Teknologi komputer yang selalu mengalami perubahan yang sangat cepat menunjukan bahwa teknologi komputer sangat penting apalagi di masa yang akan datang. Di zaman sekarang pun setiap orang, instansi, apalagi departemen sudah jarang melakukan pengolahan data dengan cara manual, karena aplikasi-aplikasi yang tersedia pada sistem komputer dapat menjadikan pengolahan data menjadi efektif dan efisien.
Menyinggung soal komputer, erat kaitannya dengan sistem informasi. Sistem informasi adalah sistem komputer yang digunakan untuk menghasilkan informasi yang efektif dan efisien. Tanpa ada sistem informasi, proses pengolahan data menggunakan komputer tidak akan berbeda jauh dengan pengolahan data manual yang ditulis dalam buku. Bedanya hasil pengolahan data disimpan dalam komputer, tetapi dalam hal keefektifan pengolahan data masih tidak berbeda jauh dengan pengolahan data manual yang ditulis dalam buku Untuk itu, pengolahan data menggunakan komputer sebaiknya dibarengi dengan penggunaan sistem informasi sesuai kebutuhan.
Sistem informasi memang sangat dibutuhkan dalam pengolahan data menggunakan komputer. Namun masih banyak instansi, maupun departemen yang belum menggunakan sistem informasi dalam mengolah data walaupun mereka sudah menggunakan komputer.
Penggunaan sistem informasi tidak terbatas pada perusahaan besar saja, tetapi bisa juga digunakan di badan pemerintahan, badan kesehatan, organisasi, dan lain-lain. Dalam dunia kesehatan, sistem informasi dapat digunakan dalam mengolah data pasien misalnya saja di Puskesmas. Namun banyak sekali puskesmas yang masih menggunakan buku dalam hal mencatat semua aktifitas di puskesmas tersebut. Hal ini pun terjadi di Puskesmas Mekarwangi yang beralamat di Jalan Subur No. 2 Bukit Cimanggu City Bogor yang dalam pegolahan datanya seperti Pendaftaran & Pendataan Pasien masih dilakukan secara manual. Pendaftaran & Pendataan Pasien erat kaitannya dengan rekam medis pasien. Riwayat penyakit seorang pasien dapat diketahui dari hasil pengolahan data Pendataan Pasien. Oleh karena itu, untuk meningkatkan pelayanan, keefektifan serta kemudahan-kemudahan dalam pengolahan data, maka pihak Puskesmas Mekarwangi menginginkan penerapan suatu aplikasi berbasis desktop untuk “SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS  PADA PUSKESMAS MEKARWANGI BOGOR MENGGUNAKAN MS. VISUAL BASIC.NET 2010 DAN MYSQL”.
Pada penelitian ini akan dibuat aplikasi berbasis desktop untuk “SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS PADA PUSKESMAS MEKARWANGI BOGOR MENGGUNAKAN MS. VISUAL BASIC.NET 2010 DAN MYSQL”. Melalui aplikasi tersebut data-data dapat diorganisasikan dengan baik sehingga proses pengolahan data dapat dilakukan dengan mudah.

1.2.       Identifikasi Masalah
1.      Pembuatan kartu rekam medis yang masih manual
2.      Lamanya proses pencarian data kartu rekam medis
3.      Proses pendaftaran yang masih manual menyebabkan antrian yang cukup panjang

1.3.       Batasan Masalah
Dari permasalahan yang terjadi pada Puskesmas Mekarwangi Bogor maka dibangunlah sistem informasi rekam medis yang dibatasi pada :
1.      Sistem yang dibuat adalah Sistem Informasi Rekam Medis yang terdiri dari pasien baru dan lama di 3 kelurahan, yaitu Sukadamai, Sukaresmi, dan Mekarwangi.
2.      Pasien yang tinggal diluar 3 kelurahan di atas didata sebagai pasien di luar wilayah.
3.      Sistem informasi ini digunakan untuk registrasi pasien dan rekam medis pasien.
4.      Sistem informasi ini tidak termasuk sistem keuangan.
Sistem informasi ini hanya memberikan informasi data pasien, laporan kunjungan pasien, dan rekam medis pasien.


1.4.       Rumusan Masalah
·         Bagaimana solusi jika kartu rekam medis pasien hilang ?
·         Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencari kartu rekam medis pasien ?
·         Bagaimana proses pembuatan laporan ?

1.5.       Tujuan Tugas Akhir
Terbentuknya sistem informasi rekam medis pada  Puskesmas Mekarwangi Bogor menggunakan Visual Basic.NET 2010 dan MySQL.

1.6.       Sistematika Laporan Tugas Akhir
            Sistem Penulisan Tugas Akhir ini dibagi kedalam beberapa bab. Secara garis besar masing – masing bab antara lain sebagai berikut  :
BAB I                    PENDAHULUAN
                               Berisi latar belakang masalah, identifikasi masalah, batasan masalah, rumusan masalah, tujuan tugas akhir, dan sistematika laporan tugas akhir.
BAB II                  LANDASAN TEORI
                               Berisi tentang teori – teori yang mendukung perancangan sistem informasi yang digunakan dalam membangun sistem informasi.
 
BAB III                      METODOLOGI PENGEMBANGAN
                               Berisi tentang profil perusahaan/lembaga, objek penelitian, analisa kebutuhan, teknik pengambilan data, dan metode perancangan.
BAB IV                      HASIL DAN PEMBAHASAN
                               Berisi tentang penjelasan mengenai hasil dari penelitian yang dilakukan penyusun.
BAB V                  KESIMPULAN DAN SARAN
Berisi kesimpulan hasil dari penelitian dan saran untuk instansi terkait.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar